Minggu, 01 Februari 2015

Cisco Packet Tracert

Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco. http://id.wikipedia.org/wiki/Packet_Tracer

Fitur Packet Tracer
Beginilah kira - kira fitur yang tersedia di Packet Tracer, yang saya gunakan disini Packet Tracer - Version 6.0.1.0011.


Berikut device yang akan sering kita gunakan dalam belajar packet tracer ini
Router
Seperti yang telah kita ketahui, fungsi router adalah menghubungkan sebuah network yang berbeda atau ip class yang berbeda.




 



Switch
Switch ini akan kita pakai untuk menghubungkan banyak komputer yang mempunyai port-port penyambung.








 End Divice









 Kabel
Kabel yang umum digunkan dalam praktek jaringan adalah Straightover dan Crossover, seperti pada gambar dibawah ada pilihanotomatis, otomatis sendiri digunakan apabila tika tidak tau tentang jenis kabel yang digunakan untuk menyambungkan device, maka dengan bantuan otomatis ini akan dipilihkan jenis kabel yang paling baik untuk menghubungkan device yang kita mau.

 







Straight akan digunakan untuk menghubungkan device-device yang berbeda, missal :
PC – Hub
PC – Switch
Router – Hub
Router – Switch

Sedangkan Cross digunakan untuk menghubungkan device-device yang sama, missal :
Komputer – Komputer
Switch – Hub
Switch – Switch
Router – Router
Router – PC  

Contoh simulasi topologi

 

Download Cisco Packet Tracer Disini (145mb .exe)


Tidak ada komentar :

Posting Komentar